Paripurna DPRD Bukittinggi, Syaiful Efendi Dilantik Sumpah Jabatan Ketua Definitif DPRD Periode 2024- 2029

Nasrun
0

 


Pengambilan sumpah/ janji Ketua dan wakil ketua DPRD terpilih dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Bukittinggi


PARIWARA

BUKITTINGGI, Canangnews- DPRD Kota Bukittinggi gelar rapat paripurna dalam rangka Pengucapan Sumpah/ janji Pimpinan DPRD Bukittinggi masa jabatan 2024-2029 yang diadakan di aula gedung DPRD Bukittinggi, Selasa (17/9/2024).



Plt. Ketua sementara, DPRD Bukittinggi, Syaiful Efendi, dalam sambutannya menjelaskan, memfasilitasi penyusunan tata tertib DPRD. Telah disusun sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Rapat paripurna dihadiri oleh Plt Ketua Syaiful Efendi, Wakil Walikota Bukittinggi, Marfendi


"Dilakukan penyusunan rancangan  peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD. Ini telah selesai dibahas pada 11 September 2024, yang dibacakan melakui Sekwan DPRD Bukittinggi, Melwizardi tentang SK Gubernur Sumatera Barat Nimor 171-660- 2024," ujarnya.


Ia menyatakan, pimpinan DPRD berasal dari partai politik, berdasarkan perolehan kursi terbanyak di DPRD. Berdasarkan hal tersebut pimpinan DPRD Kota Bukittinggi menyampaikan surat mengenai pimpinan definitif kepada Partai Keadilan Sejahtera ( PKS), partai Gerindra, dan partai Nasdem, sebahai partai yang memperoleh kursi terbanyak satu, dua, dan tiga.

Ketua DPRD definitif, Syaiful Efenfi, dapat ucapan selamat dari mantan Ketua DPRD Bukittinggi, Beni Yusrial


"Berdasarkan DPP PKS Nomor 746/ SKep/DPP/ PKS/ 2024 tentang pimpinan DPRD Kota Bukittinggi Sumbar dari fraksi PKS periode 2024-2029, 23 Agustus 2024, menetapkan H.Syaiful Efendi, Lc. MA sebagai Ketua DPRD," paparnya.



 Selanjutnya, berdasarkan Keputusan DPP partai Nasdem No 3.2/ SK/ AKD/ DPP/ Nasdem/ 8/ 2024, tentang penetapan pimpinan DPRD menetapkan Zulhamdi Nova Candra sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi.


Kemudian berdasarkan surat DPC Kota Bukittinggi Nomor 042/ K/ DPC/ Gerindra/ BKT/ 9/ 2024 Tanggal 2 September 2024, menetapkan Beni Yusrial sebagai Ketua DPRD Bukittinggi, dan saat ini sedang dalam proses pengusulannya pada Gubernur.

Sambutan Wali Kota, melalui Wakil Walikota Bukittinggi, H.Marfendi


Ketua DPRD terpilih, Syaiful Efendi, menuturkan, dengan disumpah janjinya dia sebagai Ketua definitif, kedepan agar selalu lebih baik. Kalau ada kekurangan akan sama-sama dievaluasi, dengan target menjalankan fungsi membentuk peraturan daerah, mensahkan raperda/legislasi, dan pengawasan  (controling).



"Perlu kemitraan, dan semangat yang sama, untuk memperbaiki dan membenahi lembaga ini. Insyaalah hari ini jufa kira akan langsung rapat pembentukan, dan penetapan AKD serta segera rapat Bamus," terangnya.

Turut disaksikan, tamu undangan dari berbagai institusi di Bukittinggi


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar melalui Wakil Walikota Marfendi, menyampaikan, pimpinan DPRD bukanlah sekedar atau kedudukan, tetapi sebuah amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama akan sebuah daerah yang lebih maju dan sejahtera, lebih bermartabat dan semakin hebat.


"Pimpinan dan anggota DPRD  hendaknya memberikan pengawasan bersama lebih responsif terhadap kebutuhan rakyat, dan memastukan anggaran yang mampu mendorong kesejahteraan masyarakat, dan keadilan," ucapnya.


Serah terima pelantikan dari Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi


Menurutnya,  institusi DPRD, harus menjadi simbol dari cita-cita bangsa Indonesia yang ideal. Menyadari bahwa  kaum politisi dilembaga terhormat ini masih dikritik dari kiri dan kanan.


"Kami ucapkan selamat kepada pimpinan DPRD terpilih Kota Bukittinggi 2024-2029 yang telah mengucapkan sumpah janji pada hari ini. Semoga Kota Bukittinggi yang kita cintai dapat semakin maju dan berkembang," harapnya.


Turut hadir undangan, Forkopimda Kota Bukittinggi, pimpinan partai Politik, Niniak mamak,Bundo Kanduang, Pengadilan Agama Bukittinggi, Pengadlan Negeri Bukittinggi, SKPD Bukittinggi, dan lain-lain.



PEWARTA.  :  Khairunas

FOTO.          : Tim DPRD Bukittinggi

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top