H Sudirman (Abdul) Gani SH MM dalam Kenangan Saya

0
       Catatan Zakirman Tanjung

Innalillahi wa innailaihi raji'uun 
H Sudirman Gani SH MM telah berpulang ke Rahmatullah pukul 8.30 pagi tadi di RSUP M Djamil, Padang, semoga diampuni segala dosanya, aamiiin....

Demikian pesan pada suatu grup whatsapp. Sejenak saya tertegun. Kenangan tentang Pak Gani (begitu saya menyapanya) muncul di ruang ingatan. 

Sudirman Gani (NIP 19561231 198003 1 090) berpulang ke Rahmatullah menyusul istrinya, Bu Miswarti SH, yang wafat di RS Achmad Mochtar Bukittinggi, Selasa 18 November 2023 malam.

H Sudirman Gani SH MM merupakan Sekdakab Padang Pariaman selama +7 tahun (21 September 2001 s.d 14 November 2008). 

Saya mengenal Sudirman Gani (SG) sebelum beliau dilantik sebagai Sekdakab Padang Pariaman oleh Bupati Muslim Kasim (MK). Mendapat Informasi kalau SG bakal jadi sekdakab, saya mencarinya ke Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) karena saya dengar beliau kuliah Program Magister Manajemen di kampus itu. 

Ketika saya tiba, pas perkuliahan bubar. Saya lihat Bupati Solok Gamawan Fauzi (GF) dan MK keluar dari ruang kelas bersama puluhan mahasiswa lain. Saya pun menyapanya. 

"Da An, saya dapat kabar, Bang MK meminta Asisten I Setdakab Solok SG untuk jadi Sekdakab Padang Pariaman, apakah Da An bersedia melepas?" tanya saya. 

GF tersenyum, "Sebenarnya saya enggan, Zast, karena Pak SG pejabat terbaik kami. Namun, karena Pak MK yang meminta beliau pulang kampung, apalah daya saya untuk menahan." 

Setelah SG menjabat sekdakab selama ±7 tahun, suatu hari Bupati MK meminta pendapat saya usai makan siang di RM Pauh, Pariaman, "Sekda Gani mungkin akan Abang ganti, bagaimana pendapat Dinda?" 

"Siapa calon penggantinya, Bang?" tanya saya. 

"Yuen Karnova (YK), kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumbar," jawab MK. 

Sembari jalan ke mobil BA 1 F dan naik, kami membahas profil calon sekdakab yang waktu itu belum saya kenal serta ke mana SG akan pindah. MK menyebutkan sudah berkoordinasi dengan Gubernur GF dan Wagub Marlis Rahman. SG selanjutnya akan dilantik gubernur sebagai Kepala Badan Kesbangpol. 

Suatu ketika, saya memperoleh sinyalemen kalau Sudirman Gani bukanlah nama asli. Ooo yaaa? 

Ketika melayat ke rumah orangtua SG, saya pun melihat hal berbeda pada banyak papan bunga dukacita. Di situ tercantum nama anak² almarhum umum berakhir Nagur, kecuali SG. 

Beberapa hari kemudian, saya temui SG ke ruangan kerja sekdakab untuk mengonfirmasi apa benar namanya bukan nama asli? 

"Iko wartawan ado² sajo nan nyo cukie!" celetuk SG. 

Setelah saya desak dengan beberapa sinyalemen lain seperti nama sapaannya Gani, bukan Sudir atau Man, SG pun menyerah dan mengakui bahwa nama kecilnya Abdul Gani. 

SG bercerita, ketika ia Kelas V SD, kepala sekolah memanggilnya ke kantor, "Gani, apakah kamu mau ikut ujian akhir Kelas VI untuk menggantikan Sudirman?" 

Kepala sekolah menjelaskan bahwa Sudirman sudah lama tidak masuk, ketika ditanyakan kepada keluarganya, Sudirman pergi bersama mamaknya merantau ke Medan. 

Kepala sekolah pun menambahkan Gani di belakang nama Sudirman. 

Sewaktu jadi sekdakab, SG pernah jadi Penjabat Bupati Padang Pariaman (6 April s.d 5 September 2005), kemudian Calon Bupati Padang Pariaman berpasangan dengan Eri Zulfian pada Pilkada 30 Juni 2010 dan Penjabat Bupati Tanah Datar tahun 2015. (*)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top