22 Nagari di Padang Pariaman Terima Dana Insentif Desa, Bupati Suhatri Bur Nyatakan Apresiasi

0
Parikmalintang, CanangNews - Sebanyak 22 nagari yang tersebar pada sebelas kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman menerima dana insentif desa (DID) untuk jenis kategori kinerja pemerintah. Adapun total keseluruhannya mencapai Rp2,914 milyar. 

DID berasal dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan sebagai wujud pemenuhan amanah ketentuan Pasal 16 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 145 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Menanggapi hal itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyatakan rasa terimakasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan yang telah mengucurkan dana insentif untuk  sejumlah nagari yang ada di Padang Pariaman. 

"Tentunya insentif yang diberikan ini tidak terlepas dari kinerja baik para walinagari yang terus berupaya maksimal meningkatkan pelayanan dan kinerja di tingkat nagari," ujarnya saat penyerahan secara simbolis Bantuan Modal Usaha (Konsumtif) dan bantuan Biaya Pendidikan Perguruan Tinggi se-Kabupaten Padang Pariaman di Mesjid Komplek Kantor Bupati, Parikmalintang, Rabu (4/9/2024).  

Suhatri Bur mengemukakan harapan tahun berikutnya semua nagari di Padang Pariaman bisa mendapatkan dana insentif tersebut.

"Oleh karena itu kita mengajak seluruh walinagari untuk terus meningkatkan kinerjanya. Begitu pula kita jelas sangat mengapresiasi walinagari yang nagarinya beruntung mendapatkan insentif saat ini," imbuhnya. 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, DID tahun 2024 ini diberikan kepada 15.124 nagari/desa se-Indonesia, terdiri dari 15.054 (lima belas ribu lima puluh empat) desa berdasarkan kriteria kinerja pemerintah desa dan 92 (sembilan puluh dua) desa berdasarkan kriteria penghargaan desa dari kementerian negara/lembaga. 

DID ini juga diberikan sebagai apresiasi dan penghargaan atas perbaikan kinerja tertentu di bidang tata kelola keuangan desa serta bidang tata kelola layanan dasar dan ekonomi desa yang tertuang dalam SK Menkeu RI Nomor 352 Tahun 2024.

Nagari yang menerima dana insentif tersebut adalah: 

1. Pasie Laweh Lubuk Alung
2. Buayan Lubuk Alung
3. Pauah Kamba 
4. Sunua Barat 
5. Sicincin 
6. Lubuk Pandan 

7. Lareh Nan Panjang 
8. Lareh Nan Panjang Selatan 
9. Limpato Sungai Sariak
10. Padang Toboh Ulakan 
11. Manggopoh Palak Gadang Ulakan 

12. Toboh Gadang Timur 
13. Batu Kalang 
14. Batu Kalang Utara 
15. Malai V Suku 
16. Kayu Tanam

17. Guguak 
18. Pakandangan 
19. Koto Tinggi 
20. Toboh Ketek 
21. Parit Malintang 
22. Gadue. (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top