Hadapi Diklatsar Maba, KSr PMI PPNP Laksanakan Volunteer Camp

0
Tanjung Pati, CanangNews - Sebanyak 29 Anggota Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia (KSr PMI) Unit Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (PPNP) mengikuti volunteer camp selama empat hari, Kamis s.d Minggu (18 s.d 21/7/2024) bertempat di Kampus PPNP - Tanjung Pati. 

Informasi itu disampaikan seorang peserta, Milsya HQ Memiza, kepada Redaksi CanangNews di Padang, Senin (22/7/2024). Menurutnya, kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur (Wadir) III Bidang Kemahasiswaan Sentot Wahono SP MSi. 

Ketika memberi pengarahan, Sentot mengingatkan semua peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh perhatian. Hal itu bertujuan agar dapat menyerap dan memahami materi yang diberikan instruktur. 

Pada kesempatan yang sama, Pembimbing KSr PMI  Unit PPNP Dr Hendra Alfi SP MP meminta peserta membentuk tim kerja yang solid sehingga ketika membantu korban yang membutuhkan pertolongan dapat memberikan penanganan secara tepat dan cepat. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Volunteer Camp Pratama Catur Putra melaporkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memantapkan kemampuan peserta dalam mendampingi mahasiswa baru (maba) PPNP Angkatan 2024 mengikuti pendidikan latihan dasar (diklatsar) fisik dan mental di Komplek Sekolah Calon Tamtama (Secata) B Padangpanjang yang dijadwalkan berlangsung tanggal 19 - 23 Agustus 2024 dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gedung Serba Guna (GSG) PPNP Tanjung Pati, 26 - 31 Agustus 2024.

 Ia menambahkan, sebelum mengikuti volunteer camp, masing-masing Anggota KSr PMI sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) selama 120 jam dengan tiga kali kegiatan.

"Kegiatan volunteer camp berlangsung selama empat hari sejak pukul 04.00 pagi hingga pukul 18.00 WIB berupa latihan fisik, shalat subuh, senam, sarapan dan mengikuti materi di gedung baru," ujar Pratama. 

Materi volunteer camp antara lain tentang kepalangmerahan, code of kondak, saver acces, manajemen posko, latihan komunikasi, latihan evakuasi, pertolongan pertama dan simulasi, latihan trauma shock serta penanganan histeria.

"Selama mengikuti volunteer camp semua peserta diinapkan dalam empat unit kemah atau tenda dengan fasilitas sarapan, makan siang dan makan malam. Seluruh biaya kegiatan ditanggung oleh PPNP. (Zakirman Tanjung)

Youtube 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top