Empat Purnaja Terima Cendera Mata Sambut Hari Adiyaksa ke-64 Kejaksaan Tinggi Bukittinggi

Nasrun
0

 

Kepala Kejari Bukittinggi silaturrahmi dengam para Purnaraja, foto N


BUKITTINGGI, Canangnews- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke -64 Thn, Kejaksaan Negeri Bukittinggi Menggelar upacara di halaman Kantor kejaksaan Bukittinggi, 


Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi Djamaluddin, SH., MH, dalam upacara HBA yang ke-64 itu diikuti oleh Para Kasi dan Kasubbagbin, Pegawai, Ketua dan anggota IAD Daerah Bukittinggi, hadir juga pada kesempatan itu 4 empat Purnawirawan Kejaksaan Tinggi Bukittinggi, (Purnaja) pada Senin 24 Juli2024


Pelaksanaan Upacara HBA ke-64, Kajari Bukittinggi diiringi dengan pembacakan amanat Jaksa Agung R.I. (BURHANUDDIN), bahwa Tema HBA tahun ini adalah,



 “Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”. Tema ini, merupakan kristalisasi dari Visi Pemerintah guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.


Oleh karena itu, Indonesia harus mampu bermetamorfosis menjadi Indonesia maju yang memiliki kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan 3 merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa”

hal itu disampaikan Djamaluddin, SH., MH sewaktu acara.



"Kita memperingati Hari Bhakti Adiyaksa yang ke 64- Thn 2024 ini, merupakan ajang, untuk lebih menjalin tali silaturrahmi, dan persaudaraan, serta kekeluargaan di lingkungan kejaksaan Negeri Bukittinggi, sekaligus sebagai motivasi, dan dorongan semangat bekerja dari segala bidang terutamanya di Kejaksaan Negeri Bukittinggi, adapun rangkaian acara yang telah kita gelar sejak 8 Juli 2024, kemaren hingga sampai lah pada puncak hari ini, adalah sebagai bentuk apresiasi bagi kita semua untuk lebih giat dan maju lagi melaksanakan Tugas dan Kewajiban". ungkap Djamaluddin, SH., MH


Tahun ini merupakan tahun transisi peringatan HBA, karena mulai tahun 2025, insan Adhyaksa akan memperingati hari lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September, namun setiap tanggal 22 Juli hanya akan memperingatinya dengan upacara sebagai momen berkontemplasi secara internal dan edukasi kepada masyarakat atas peran dan kedudukan Kejaksaan Sedangkan rangkaian semarak kegiatan perayaan akan difokuskan pada perayaan hari lahir Kejaksaan tanggal 2 September


Lima tahun perjalanan Kejaksaan belakangan ini telah melukiskan grafik eksponensial menanjak yang menunjukkan tren sangat positif. Dalam kurun 5 tahun belakangan ini pula Kejaksaan mampu mencetak Sejarah. Kejaksaan mampu hadir untuk menjawab harapan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan keadilan,


Kemanfaatan dan kepastian hukum serta mampu melaksanakan penegakan hukum dan pemberantasan kejahatan tanpa pandang bulu namun dengan tetap menjaga sisi humanis.

Jaksa Agung mengingatkan, agar semua Insan Adhyaksa  selalu waspada, jangan lengah sedikit pun, karena upaya pelemahan terhadap institusi yang kita cintai ini selalu di gencarkan oleh oknum-oknum jahat dan pihak yang tidak nyaman dengan penegakan hukum yang kita jalankan. 


Jaksa Agung juga mengingatkan tanggal 27 November nanti perhelatan Pilkada Serentak akan dilaksanakan, sehingga diperlukan kesiapan dan peran serta jajaran Kejaksaan dalam sentra Gakkumdu, yang paling disoroti adalah terkait netralitas jajaran Kejaksaan. Jaksa Agung tegaskan, Tidak ada ruang politik praktis bagi kita, NETRALITAS ADHYAKSA, HARGA MATI!!.


Jaksa Agung menyampaikan, Perintah Harian untuk dihayati dan dilaksanakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Kejaksaan, sebagai berikut;



1. BANGUN BUDAYA KERJA YANG TERENCANA, PROSEDURAL, TERUKUR, DAN AKUNTABEL 16 DENGAN TERWUJUDNYA KEPATUHAN INTERNAL DAN MITIGASI RISIKO UNTUK MENCAPAI TUJUAN ORGANISASI. 


2. GUNAKAN HATI NURANI DAN AKAL SEHAT SEBAGAI LANDASAN DI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN KEWENANGAN. 


3. WUJUDKAN SOLIDITAS MELALUI KESAMAAN POLA PIKIR, POLA SIKAP, DAN POLA TINDAK GUNA MENGAKTUALISASIKAN PRINSIP EEN EN ONDELBAAR. 


4. BENAHI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN TUGAS SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. 


5. JADIKAN PEMBINAAN, PENGAWASAN, DAN BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJAKSAAN SEBAGAI TRISULA PENGGERAK PERUBAHAN SEKALIGUS PENJAMIN MUTU PELAKSANAAN TUGAS SECARA PROFESIONAL DAN TERUKUR. 


6. LAKSANAKAN PENEGAKAN HUKUM YANG BERORIENTASI PADA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. 


7. PERSIAPKAN ARAH KEBIJAKAN INSTITUSI KEJAKSAAN DALAM MENYONGSONG INDONESIA EMAS TAHUN 2045.


Sehari sebelum Peringatan HBA ke-64 tanggal 22 Juli 2024, telah dilaksanakan ziarah ke TMP Kusuma Bakti Bukittingi diikuti oleh Seluruh Pegawai Kejaksaan Negeri Bukittinggi dan Anggota IAD Bukittinggi. Dilanjutkan dengan pelaksanaan Upacara peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ke-24 tanggal 21 Juli 2024 di Kantor Kejaksaan Negeri Bukittinggi dengan Tema peringatan “Penguatan Peran IAD Mendukung Upaya Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas”


Dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT IAD Ke-24, Ny.Herlina Djamaluddin yang bertindak selaku Inspektur Upacara menyampaikan Sambutan Ketua Umum IAD (Ny. Sruning Burhanuddin) bahhwa IAD sebagai organisasi isteri Pegawai dan pegawai Perempuan Kejaksaan mempunyai peran yang sangat penting sebagai motivator, penggerak dan menjadi energi positif dalam mendukung tercapainya peran dan fungsi institusi kejaksaan.


 IAD merupakan organisasi yang mandiri yang mempunyai tujuan dibidang Pendidikan, ekonomi dan sosial budaya. Untuk meningkatkan peran IAD mendukung institusi Kejaksaan mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas, ketiga aspek yang menjadi tujuan organisasi haris diperkuat yaitu, Pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.


Sebelum pelaksanaan puncak Peringatan HBA ke-64 tanggal 22 Juli 2024 dan upacara peringatan HUT IAD Ke-24 tanggal 21 Juli 2024, Kejaksaan Negeri Bukittinggi telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain lomba Senam kreasi, merangkai buah dan sayuran, Jalan santai serta pertandingan olahraga yang diikuti oleh Pegawai, anggota IAD, Honorer serta keluarga. 



Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Purnaja (Purnawirawan Kejaksaan), Kajari dan ketua IAD berkunjung kerumah 5 (lima) orang Purnaja (Purnawirawan Kejaksaan) yang berdomisili di seputaran kota Bukittinggi sekaligus memberikan tali asih berupa kebutuhan bahan pokok sehari-hari dan perlengkapan alat sholat. 



Sedangkan sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia Pendidikan, Kejaksaan Negeri Bukittinggi dan IAD Bukittinggi memberikan santunan dana Pendidikan kepada anak pegawai Kejaksaan Negeri Bukittinggi, melaksanakan kegiatan donor darah, pemberian sembako dan kebutuhan perlengkapan belajar kepada anak-anak Panti Asuhan Aisyisah Aur Tajungkang Tengah Sawah. Bekerjasama dengan Dinas Sosial Bukittinggi dalam penyaluran Sembako kepada Masyarakat kurang mampu yang dilaksanakan dihalaman kantor Kejaksaan Negeri Bukittinggi.



(Kh/**)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top