Buka Workshop Perfilman, Bupati Suhatri Bur: Padang Pariaman Memiliki Potensi Luar Biasa

0
Sungai Sariak, CanangNews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar workshop perfilman bertempat di Tanjung Wahana Tano, Kecamatan VII Koto, Selasa (9/7/2024).

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur diwakili Kepala Disdikbud Anwar membuka secara resmi kegiatan tersebut. Namun, Selasa sore, bupati tiba di lokasi workshop untuk menyajikan materi.

Dalam kata sambutannnya, Bupati Suhatri Bur sebagaimana dibacakan Anwar menyatakan apresiasi dan berterima kasih kepala Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan khususnya Direktorat Perfilman, Musik dan Media yang telah men-support pelaksanaan kegiatan ini,

Ia pun mengemukakan  harapan agar workshop ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta, generasi muda kreatif Padang Pariaman, untuk berkontribusi dalam dunia perfilman dan dokumenter. 

"Padang Pariaman memiliki potensi yang luar biasa untuk menggambarkan keindahan, keunikan, serta kearifan lokal dan budaya yang ada, sehingga melalui Film pendek dan dokumenter ini dapat mempromosikan daerah ini secara lebih luas," tutur Anwar mengutip sambutan tertulis bupati.

Anwar mengingatkan peserta workshop agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jadilah peserta yang aktif, terbuka terhadap pengetahuan baru, dan berinteraksi dengan rekan-rekan seprofesi.

"Ambil langkah berani untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang inovatif dan cerita yang unik, sehingga nantinya dapat menghasilkan karya yang berdampak positif bagi masyarakat," pinta dia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini menyasar peserta dari insan perfilman, seperti manoc film, sa'aka production, komunitas film perang sintuk, komunitas videografer dan fotografi serta Komunitas Literasi Padang Pariaman, sanggar dan unsur lainnya. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Perfilman, Musik dan Media seperti Panji Wibowo. 

Bupati Suhatri Bur Tiba di Lokasi Workshop
Ketika Wartawan CanangNews menghubungi Kepala Bidang Kebudayaan Ade Novalia MSi via whatsapp untuk meminta dokumen foto-foto dan video, Selasa malam, Ade menginformasikan kedatangan Bupati Suhatri Bur ke lokasi Workshop menjelang maghrib, pukul 17.40 WIB.

Ade menyebutkan, setiba di lokasi, Bupati Suhatri Bur langsung menyajikan materi  di depan ±40 peserta yang merupakan generasi melineal aktivis komunitas perfiman. Ade pun mengirimkan rekaman suara Bupati Suhatri Bur.

"Kegiatan workshop perfilman ini berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu. Peserta dan panitia menginap di lokasi dalam perkemahan dengan beberapa tenda," ujar Ade. 

Selain menerima sajian materi dari narasumber, lanjut dia, peserta melakukan diskusi dan praktek pembuatan beberapa film pendek. Menjelang istirahat malam, peserta  

"Kegiatan workshop perfilman ini merupakan rangkaian pelaksanaan Galanggang Arang sebagai suatu bentuk dukungan Pemkab Padang Pariaman  dengan melaksanakan workshop perfilman (9-10 Juli), dilanjutkan dengan Musda Bundo Kanduang di Gedung Saiyo Sakato, Kamis 11 Juli 2024 besok, serta pelaksanaan Gelanggang Arang 2024 di Stasiun Kereta Api Kayutanam, 18-19 Juli 2024," ulas Ade Novalia.

Untuk mendapatkan postingan-postingan kegiatan workshop, silahkan klik: Kronologi Facebook Ade Novalia. (*/ZT)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top