MTQ XLI Musabaqah Alquran Provinsi Riau Resmi Berakhir

Canang Riau
0

 


INHU canangnews.com - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu akhirnya resmi berakhir, Sabtu (18/11/2023) malam.


Danau Raja telah menjadi saksi akan semarak dan meriahnya gelaran MTQ Riau yang telah berlangsung sejak 11 november 2023 tersebut.


Tidak berbeda pada pembukaan lalu, acara malam penutupan pun berlangsung sangat meriah. Kawasan Danau Raja pun penuh sesak oleh ribuan warga yang datang menyaksikan. 

Suksesnya Kabupaten Inhu sebagai tuan rumah penyelenggara bahkan menuai apresiasi dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau H Masrul Kasmy yang hadir mewakili Plt Gubernur Riau.


"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kabupaten Inhu dan juga kepada Ibu Bupati Rezita," ucap Masrul Kasmy. 


Masrul Kasmy menilai Kabupaten Inhu sukses menggelar event sebesar ini. Ia pun mengibaratkan helat MTQ ke-41 Riau di Kabupaten Inhu layaknya gelaran mtq nasional. 


"Kedepan, jika Riau dipercaya sebagai tuan rumah MTQ nasional, kita dorong Kabupaten Inhu menjadi tempat penyelenggaraan," terangnya.


Penutupan resmi MTQ Riau ke-41 ditandai dengan penekanan sirine oleh Asisten I Masrul Kasmy bersama Bupati Inhu Rezita dan Wakil Bupati serta beberapa pimpinan daerah lainnya.


Dilanjutkan dengan penyerahan bendera MTQ kepada Walikota Dumai yang akan jadi tuan rumah mtq tahun depan.


Sementara itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi sampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif bagi suksesnya MTQ Riau di Inhu.


"Alhamdulillah semua berjalan lancar, cuaca juga bagus. Akhirnya apa yang sudah kita rencanakan menjadi kesan yang baik bagi tamu yang datang ke Inhu," ujar Rezita.


Bupati Rezita juga sampaikan selamat kepada para peserta berhasil juara, termasuk Kabupaten Bengkalis yang berhasil raih juara umum.


"Selamat jalan seluruh kafilah. Semoga Inhu akan selalu dikenang dan dilain waktu bisa kembali datang di kampung kami," ucap Bupati Rezita.


Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim nomor: Kpts 06/DH//MTQ 41/r/XI/2023, ditetapkan sebagai juara umum MTQ ke-41 ini adalah Kabupaten Bengkalis dengan jumlah nilai 82.


Sementara untuk lomba pawai taaruf, Juara I diraih Kabupaten Rohil dan Kabupaten Inhu berhasil meraih juara terfavorit. Untuk lomba stand bazar diraih Kabupaten Pelalawan.


Malam itu, rangkaian acara penutupan MTQ diakhiri dengan penampilan tarian teatrikal oleh ratusan pelajar dilanjutkan penyerahan piala oleh Bupati Rezita bersama pejabat lainnya.


Seperti diketahui, gelaran MTQ di Danau Raja memang telah memberikan daya tarik yang luar biasa.


Seakan tak pernah sepi, masyarakat baik dari kecamatan maupun tamu daerah lainnya setiap harinya datang berkunjung.


Mereka yang datang, selain menikmati panorama danau juga mengunjungi stand pameran bazar dan pasar malam MTQ. 


Kondisi ini pun dinilai telah memberi pengaruh signifikan bagi perputaran ekonomi di Kabupaten Inhu khususnya Kota Rengat." ( Roli )


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top