Kendalikan Penyakit Menular di Sumbar, Bukittinggi jadi yang Terbaik

Nasrun
0




BUKITTINGGI, Canangnews - (2/11/2023) - Pemko Bukittinggi kembali mendapatkan penghargaan tingkat Provinsi Sumatera Barat. Kali iini Bukittinggi dinilai menjadi terbaik satu pengendalian penyakit menular 2023.


Penghargaan itu diterima Wali Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, di Padang, Kamis, dalam Workshop Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Bidang P2P.


Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza didampingi Kabid P2P, Yeni Astuti, menjelaskan, Pemerintah Kota Bukittinggi diakui Pemprov Sumbar, sebagai daerah yang dapat mengendalikan penyakit menular.


Terbukti dengan peringkat terbaik 1 dari Dinas Kesehatan Sumatera Barat yang diberikan kepada Bukittinggi, dalam rangka pengendalian penyakit menular dan penatalaksanaan kasus sesuai standar.


"Alhamdulillah, terbukti melalui mapping lokus penyakit di seluruh wilayah Sumatera Barat, kota Bukittinggi tidak ada kasus kejadian luar biasa (KLB) pada penyakit menular. Ini terus diupayakan bersama sesuai arahan Bapak Wali Kota Bukittinggi," jelasnya.


Terpisah, Wali Kota Bukittinggi, melalui Sekda, Martias Wanto, mengungkapkan, salah satu misi pembangunan Pemko Bukittinggi, Hebat di bidang kesehatan.


Ini direalisasikan dengan baik oleh dinas dinas terkait. Kolaborasi dijalin dengan maksimal, agar meminimalisir dan menahan laju penyakit menular.


"Banyak contoh penyakit menular, diantaranya, penyakit zoonosis (rabies, malaria, frambusia, filariasis, cacingan, leptospirosis, cikungunya), kusta, ISPA, pneumoni, diare, hepatitis, thypus anthrax, kusta dan berbagai penyakit menular lainnya, seperti HIV dan TB," ungkap dia.


"Ada 35 indikator kinerja utama penyakit menular lainnya. Alhamdulillah, kita di Bukittinggi tidak ada kasus kejadian luar biasa (KLB) pada penyakit menular ini," ujar Martias Wanto.


(KH)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top