Rapat Paripurna Dalam Rangka Pengesahan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Inhu Tahun Anggaran 2023

Canang Riau
0

INHU canangnews.com - Wakil Bupati Indragiri Hulu, Drs. H. Junaidi Racmat, M.Si Mengikuti Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Indragiri Hulu TA 2023, Sabtu(30/9/2023)

Pukul 21.41 WibbBertempat di Aula Lantai 2 Kantor Dinas Tenaga Kerja Kab. Inhu.



Rapat Paripurna dihadiri, Elda Suhanura, SH, MH Ketua DPRD Kab. Inhu, Masrullah, SP Wakil Ketua I DPRD Kab. Inhu, H. Suwardi Ritonga, SE Wakil Ketua II DPRD Kab. Inhu, Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si Wakil Bupati Kab. Inhu, Kapten Inf H.B Sitepu Danramil 01/Rengat mewakili Dandim 0302/Inhu, Kompol Hendri, S.Sos, MH Kabag Ren Polres Inhu mewakili Kapolres Inhu, Irfan Sastra Dwi Putra, SH Jaksa Fungsional Bidang Pidana Khusus Kajari Inhu, Ir. H. Hendrizal, M.Si Sekda Kab. Inhu, Afrizal Dharma, SE Sekretaris DPRD Inhu, Anggota DPRD 27 dari 40 Orang Anggota, Evi Irma Junita, SKM, M.Si Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Inhu, Joni Maryanto, S.Psi, M.Si Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Inhu, H. Syahruddin, S.Sos, MT Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Inhu, Dra. Hj. Erlina Wahyuningsih, M.IP Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Inhu, Para Kepala OPD dilingkungan Pemda Kab. Inhu, Camat Se-Kab. Inhu, Perwakilan BUMN dan BUMD, Perwakilan Intansi Vertikal, Prayetno Anggota KPU Kab. Inhu, Insan pers dan Tamu Undangan Lainya.

Rapat Paripurna dibuka dan dipimpin oleh H. Suwardi Ritonga, SE Wakil Ketua II DPRD Kab Inhu. Dan dinyatakan terbuka untuk umum.



Pertama sekali, Izinkan Kami atas Nama Pimpinan dan Segenap Anggota Dewan Mengucapkan Terimakasih Kepada Saudara Wakil Bupati dan Rekan Rekan anggota Dewan dan Para Hadirin yang telah memenuhi undangan Kami, mudah mudahan kita semua selalu dilimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga Rapat Paripurna Dewan pada malam ini mendapat petunjuk beserta ridhoNya Amiin Aminnn ya Robbal Allamin, sesuai dengan ketentuan 27 dari 40 Anggota DPRD Kab Inhu yang hadir maka Rapat Pengesahan RANPERDA Perubahan APBD Kab Inhu TA 2023 dapat dilaksanakan. 

Penyampaian dari Badan Anggaran Daerah DPRD oleh Ir. H. Adek Candra, M.Si. "Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat allah swt, karena atas rahmat dan hidayahnya jualah, sehingga kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan untuk hadir mengikuti rangkayan kegiatan rapat paripurna dewan hari ini, dengan acara pengambilan keputusan dewan terhadap rancangan peraturan daerah Kabupaten Indragiri Hulu, tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023, Sholawat beriring salam, marilah kita kirimkan kepada junjungan alam yaitu nabi besar muhammad SAW dengan mengucapkan Allah Huma Shalialah Saidina Muhammad Waala Alihi Saidina Muhammad.



Sebagaimana rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun 2023 yang telah di sampaikan oleh Bupati Indragiri Hulu kepada DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Guna Di Tindak Lanjuti Sebagai Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD Tahun 2023, Dengan Uraian Sbb : 


a. Jumlah Pendapatan Sebesar Rp. 1 TRILIUN 480 MILYAR 023 JUTA 885 RIBU 391 RUPIAH.


b. Jumlah Belanja Sebesar Rp.1 TRILIUN 754 MILYAR 874 JUTA 919 RIBU 782 RUPIAH.


c. Jumlah Pembiayaan Rp. 274 MILYAR 851 JUTA 034 RIBU 391 RUPIAH.


Jadi Total APBD PERUBAHAN TAHUN ANGGARAN 2023 Rp. 1 TRILIUN 754 MILYAR 874 JUTA 919 RIBU 782 RUPIAH.



Yang Selanjutnya Dilakukan Pembahasan Oleh Banggar Melalui POKJA Sesuai Dengan OPD Terkait, Maka di Peroleh Uraian Sbb : Hasil Pembahasan Banggar DPRD Kabupaten Indragiri Hulu melalui banggar POKJA I dan II serta sinkronisasi banggar DPRD dengan TIM Anggaran Pemerintah Daerah terdapat penambahan dari pajak kendaraan bermotor sebesar Rp. 10. MILYAR dan tambahan kinerja Dana Desa sesuai PMK Nomor 98 TAHUN 2023 Tentang Perubahan Atas PMK Nomor 201/PMK.07/2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa SEBESAR Rp. 4.608.180.000.



Pada Prinsipnya Kami Dari Anggota Banggar DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Menyetujui Anggaran Sebagaimana Tersebut Diatas.



Demikian yang dapat kami sampaikan, akhirnya kami mohon maaf jika terdapat suatu kesalahan dalam penyampaian laporan ini dan kami akhiri wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum wr.wb.


Sambutan pidato Ibu Bupati Indragiri Hulu yang dalam hal ini diwakilkan Oleh Wakil Bupati Kab. Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si. 


"Sebelum saya menyampaikan Sambutan Pidato Ibu Bupati Indragiri Hulu, Permohonan Maaf dari Ibu Bupati Indragiri Hulu Seyogyanya beliaulah yang hadir, namun Ibu Bupati mohon maaf ada berhalangan pada malam ini.



Mengawali Sambutan Ini, Saya Mengajak Hadirin Sekalian, memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT, karena atas izin dan Ridhonya kita dapat berkumpul di Ruangan ini dalam Rangka Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2023. Saya apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat atas kebersamaan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di daerah yang kita cintai ini. berkat kebersamaan yang terus terpelihara pengertian dan yang dilandasi positif saling untuk kemajuan pembangunan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di kabupaten indragiri hulu yang kita cintai.



Berdasarkan Amanat Peraturan Per Undang - Undangan, Bahwa Perubahan APBD disebabkan oleh Perkembangan yang tidak Sesuai dengan asumsi kebijakan umum aanggaran dapat berupa terjadinya pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula ditetapkan dalam kebijakan umum anggaran, itu kami uraikan pada saat penyampaian nota keuangan rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kab. Inhu Tahun anggaran 2023 pada hari senin tanggal 25 September 2023 yang lalu.



Bahwa penyusunan rancangan perubahan APBD ini telah disesuaikan dengan arah kebijakan prioritas pembangunan Kabupaten Indragiri Hulu yang tertuang dan dijabarkan dalam kebijakan umum perubahan APBD dan prioritas plafon anggaran sementara tahun anggaran 2023, Berbagai catatan serta koreksi yang disampaikan oleh Dewan yang terhormat, baik pada penyampaian pandangan umum fraksi dan pada saat hearing pembahasan antara badan anggaran DPRD dengan TIM anggaran Pemerintah Daerah dan organisasi perangkat daerah telah dilakukan pembahasan secara transparan, akuntabel, tertib dan lancar. Kenyataan ini terbukti dengan telah disepakati dan disetujuinya rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Kabupaten Indragiri Hulu tahun anggaran 2023 oleh majelis Paripurna DPRD yang terhormat ini. 


oleh karenanya kita patut bersyukur bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah selaku unsur Penyelenggara Pemerintah Daerah memiliki komitmen dan kesungguhan yang tinggi terhadap kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah ini yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu.



Akhirnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota Dewan yang terhormat yang telah menyetujui Perubahan APBD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp: 1.754.874.919.782 (satu triliun tujuh ratus lima puluh empat miliar delapan ratus tujuh puluh empat juta sembilan ratus sembilan belas ribu tujuh ratus delapan puluh dua rupiah).



Jika dibandingkan dengan APBD perubahan Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp.1.694.939.431.567 (satu triliun enam ratus sembilan puluh empat miliar sembilan ratus tiga puluh sembilan juta empat ratus tiga puluh satu ribu lima ratus enam puluh tujuh rupiah), maka mengalami kenaikan sebesar Rp.59.935.488.215 (lima puluh sembilan miliar sembilan ratus tiga puluh lima juta empat ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus lima belas rupiah) dan selanjutnya dapat dituangkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu.



DI samping itu sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan Keuangan Daerah, Bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 ini, akan disampaikan kepada Gubernur Riau untuk dilakukan evaluasi serta mendapat persetujuan. dalam kegiatan evaluasi disarankan ikut hadir bersama-sama tim anggaran Pemerintah TIM daerah ikut hadir dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, sehingga apa yang menjadi catatan-catatan dan rekomendasi dalam evaluasi tersebut dapat dipahami dan ditindaklanjuti untuk penyempurnaan bersama.



Dalam pengeluaran anggaran belanja, kiranya selalu berpedoman kepada prinsip efektif, efisien dan ekonomis peraturan serta yang ketentuan berlaku. dan tehadap pelaksanaan pengelolaan keuangan Daerah.



Kami menyadari bahwa saran dan pendapat yang disampaikan oleh Dewan yang terhormat adalah dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2023.



Agar semua program dan kegiatan benar-benar dapat dilaksanakan dan bermanfaat bagi kehidupan lapisan masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pemerintah pada masa yang akan datang. 



Semoga usaha dan Kerjasama kita mendapatkan Ridho da

n berkah dari Allah, SWT. AMIN YA RABBAL ALAMIN, tutupnya" ( Roli )








Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top