Ponpes Bismillah Pematang Panjang

Pilot Canang Sumbar
0

 

Foto bersama setelah acara Maulid Nabi Muhammad di Ponpes Bismillah Pematang Panjang.


Sijunjung, canangnews.com_Ahad 08/10/23 Alhamdulillah saya diundang dalam satu acara silaturrahmi bersama keluarga besar Ponpes Bismillah yang berada di Nagari Pematang Panjang Jorong Pale. Acara ini terlaksana atas inisiatif pendiri pondok Buya Pebriyaldi, Malin Batuwah, S.H.I, M.H.


Beliau salah seorang alumni MTI Malalo dan MTI Batang Kabuang, berdasarkan cerita saya dengan beliau tadi apa yang membuat Buya tergerak untuk mendirikan sekolah Agama baca : Pondok Pesantren ini? Spontan beliau menjawab karena belum adanya sekolah agama di sini, dulu saya bergabung dengan Ponpes Nurul Ilmi di Sungai Lansek Kamang Baru.


Ponpes Nurul Ilmi yang dirintis oleh Buya Bustamam Habib beliau juga salah seorang alumni MTI Batang Kabuang. Karena saya melihat sekolah itu sudah mulai berkembang maka saya ingin melebarkan sayap ke Nagari Pematang Panjang ini, alhamdulillah atas dukungan Pemerintah Nagari dan masyarakat sekolah ini dapat berdiri.


Bersama Pimpinan Pondok Buya Pebriyaldi Malin Batuwah.


Saat ini kita sudah memiliki 16 orang murid terdiri dari 11 orang santri putra dan 5 orang santri putri, ini perdana, pendidikan baru berjalan selama 4 bulan, begitu keterangan beliau tadi yang dapat saya tangkap. Sekolah ini kami samakan dengan ponpes-ponpes yang ada di Kampung kita, rujukannya MTI Malalo, Batang Kabuang, Ashabul Yamin (Lasi) dan tentu rujukan utamanya MTI Canduang.


Apa saja mata pelajaran yang diajarkan di sekolah ini buya? ya sama seperti sekolah-sekolah rujukan di atas, ada umum dan agama tapi lebih ditekankan kepada pelajaran kitab kuning seperti nahwu matan ajurumiyah, fiqih matan taqrib, sharaf matan bina, hadits, tarekh dan lain sebagainya. Pembelajaran di kelas dimulai jam 7.30 -13.00 Wib untuk malam kita fokus kitab standar saja.


Kehadiran saya di sini sebenarnya bukan sebagai tamu karena saya masuk ke rumah saya sendiri, hanya saja ini pertemuan perdana saya atas permintaan ustadz Darus Salam S.Pd.I beliau sebagai wakil pimpinan pondok, 3 hari yang lalu beliau menghubungi saya dan minta saya untuk datang dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445H.


Para undangan saat acara Maulid Nabi di Ponpes Bismillah cukup ramai.


Ikut hadir dalam acara ini para tokoh diataranya Bpk Bupati Sijunjung yang dihadiri oleh Bpk Kabag Kesra, Kepala Dinas Pendidikan, Anggota DPRD Sijunjung (Bpk Desriwan), Kepala KUA Sijunjung, Penyuluh Agama Ustadz Syahrial S.Pd.I, Wali Nagari, MUI, Ninik Mamak, Alim ulama, Bundo Kanduang, serta masyarakat sekitarnya. Alhamdulillah kehadiran cukup ramai.


Terakhir kepada ayah bunda yang mencari sekolah agama atau yang punya putra putri ingin belajar ilmu agama silahkan datang saja ke Ponpes Bismillah yang berada di Nagari Pematang Panjang Kab. Sijunjung, atau barangkali ada juga yang ingin mewaqafkan hartanya boleh datang saja ke Pondok. Terima kasih saya ucapkan karena sudah membaca tulisan saya ini. Wassalam.




(PardiS_Anak Amak)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top