Pemko Bukittinggi Laksanakan Vaksinasi Rabies Gratis

Nasrun
0


Bukittinggi, Canangnews - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Hendry, menerangkan, memperingati World Rabies Day 2023 bertema Semua untuk Satu, One Health for All. Pihaknya memberikan vaksinasi rabuea masal gratis. Vaksin gratis ini, diberikan untuk seluruh Hewan Penular Rabies (HPR).


"Kegiatan ini diperingati setiap tanggal 28 September. Ini merupakan momentum untuk memberikan peringatan kepada masyarakar untuk senantiasa mengendalikan penyakit ini karena memang penyakit ini sangat berbahaya," ungkapnya," Sabtu (7/10)


Disampaikan, Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi telah menyediakan 500 dosis untuk 500 ekor hewan peliharaan. Semuanya akan diberikan dalam kegiatan peringatan world rabies day  "Jika pada pelaksanaan hari ini tidak habis semua, kita akan turun ke masyarakar langsung di setiap kelurahan," ujarnya.


Selain memberilan vaksin, Dispertan sesuai arahan wali kota Bukittinggi, sejak beberapa bulan terakhir menangkap 29 ekor anjing liar. Ini bertujuan untuk mengantisipasi penuluran rabies ditengah masyarakat Bukittinggi.


"Dari 29 ekor anjing liar yang kita tangkap dan diletakkan di Puskeswan, tepah diperiksa. Tidak satu ekor pun yang terindikasi rabies," tukasnya.


Pemko Bukittinggi menghimbau kepada seluruh warga yang memiliki hewan peliharaan, terutama anjing, kucing dan kera agar tidak dibiarkan berkeliaran diluar perkarangan rumah, untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies.


(KH)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top