Bupati Inhu Rezita Meylani Resmi Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Indragiri Hulu

Canang Riau
0

 


INHU canangnews.com - Hari ini, Sabtu (14/10/2023) bertepatan tanggal 28 Rabi'ul Awal 1445 Hijriyah menjadi moment istimewa bagi Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi.


'Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Indragiri Hulu' menjadi gelar adat kehormatan yang kini resmi disandangnya.


Gelar kehormatan adat ini diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Inhu dengan sebuah prosesi penabalan.

Museum bersejarah Rumah Tinggi yang berada di Kota Rengat menjadi tempat dilangsungkan prosesi tersebut.


Sebelum acara di Rumah Tinggi, rangkaian acara dimulai dengan tradisi arak-arakan pemberangkatan dari Kediaman Dinas.


Mengenakan pakaian kebesaran adat melayu Bupati Rezita bersama sang suami H Yopi Arianto ibarat sepasang pengantin baru. Keduanya dan rombongan berangkat menuju lokasi acara dengan kendarai becak hias.


Di Rumah Tinggi, prosesi pun berlangsung dengan khidmat. Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an. Kemudian penyampaian elu-eluan oleh Ketua DPH LAMR Inhu.

Tidak hanya dihadiri pihak keluarga, forkopimda, pejabat dan elemen masyarakat Inhu, sejumlah tokoh penting di Riau turut hadir.


Beberapa diantaranya hadir tokoh masyarakat Riau H Rusli Zainal, Ketua Umum LAMR Datuk Seri H.R Marjohan Yusuf bersama Ketua DPH LAMR Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil dan Wabup Bengkalis Bagus Santoso.


Selain di dalam museum, masyarakat juga turut memenuhi areal halaman Rumah Tinggi untuk mengikuti jalannya prosesi penabalan.


Diketahui, penganugerahan gelar adat ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 010/LAMR_Inhu/IX/2023/1445 H tentang penganugerahan gelar kehormatan adat melayu Riau.


Penganugerahan gelar adat ditandai dengan penyematan lambang kebesaran adat berupa mahkota dan selempang serta keris pusaka oleh Ketua LAMR Inhu.


Dilanjutkan dengan tradisi pemberian tepung tawar. Saat tepung tawar, Bupati Rezita dan suami H Yopi Arianto duduk bersanding diatas dipeterahan.


"Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas penganugerahan gelar kehormatan Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Indragiri Hulu ini. Semoga amanah yang tertumpang seiring gelar adat ini mampu saya laksanakan," tutur Rezita sampaikan elu-eluan.


Bagi Bupati Rezita, penabalan gelar kehormatan adat ini merupakan bagian dari upaya mengangkat batang terendam terhadap kesejarahan budaya melayu.


Ia juga mengatakan bahwa sejak awal kepemimpinan sebagai bupati upaya tersebut juga telah turut dilakukan. Termasuk dengan dikeluarkannya perbup tentang kurikulum muatan lokal melayu Riau pada jenjang SD dan SMP.


Selain itu, upaya revitalisasi sejumlah objek kebudayaan di Inhu juga dilakukan.


"Karenanya, saya memohon doa dari para orang tua dan seluruh masyarakat, kiranya di tengah kepemimpinan ini saya mampu untuk terus berbuat, berjuang dan terus berupaya wujudkan cita-cita menuju Inhu yang bermarwah, bermartabat dan semakin sejahtera," harapnya.


Dalam kesempatan itu, sederet ucapan selamat pun disampaikan para tokoh dan pejabat yang hadir termasuk ucapan selamat dari H Rusli Zainal.


"Saya ucapkan selamat kepada Puan Rezita Meylani atas penganugerahan gelar kehormatan Datuk Seri Setia Amanah. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan," tutur H Rusli Zainal.


Rusli Zainal pun turut mengapresiasi atas upaya nyata yang telah dilakukan Bupati Rezita melalui Perbup tentang muatan lokal budaya melayu dalam dunia pendidikan.


Menurutnya, ini merupakan bagian dari wujud nyata untuk membumikan dan meninggikan budaya melayu.


Usai keseluruhan prosesi digelar, dijadwalkan agenda acara berlanjut dengan kunjungan ke Masjid Raya Ar Rahman dalam rangka penyerahan santunan.


Ba'da dzuhur seluruh rombongan dijadwalkan melakukan ziarah ke makam r

aja-raja di Desa Kota Lama, Rengat Barat. - Roli 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top