Pemkab Inhu Mengikuti Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Indragiri Hulu

Canang Riau
0


INHU canangnews.com - Wakil Bupati Indragiri Hulu Drs.H.Junaidi Rachmat, M.Si, Mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kab Inhu, Rabu(20/9/2023) di Lt.2 Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Kab Inhu.


Rapat Paripurna Pengantar Nota Keuangan RANPERDA APBD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2024. Dihadiri oleh, Elda Suhanura, SH, MH

( Ketua DPRD Kab. Inhu), Masrullah, SP

( Wakil Ketua I DPRD Kab. Inhu, Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si

( Wakil Bupati Kab. Inhu), Kompol Aso Gea, SH, MH

( Kabag Log Polres Inhu mewakili Kapolres Inhu), Lettu Chb Revolkar 

( Danramil 05/Peranap mewakili Dandim 0302/Inhu), Meidiasari, SH 

( Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Inhu mewakili Kajari Inhu), Anggota DPRD 21 Orang, H. Syahruddin, S.Sos, MT

( Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Inhu), Paino, SP

( Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Inhu), Para Kepala OPD dilingkungan Pemda Kab. Inhu

11. Mulyadi

( Kabag Risalah Sekwan DPRD Inhu mewakili Sekwan DPRD Inhu), Dedi Risanto, S.ip, M.

( Ketua DPRD Kab. Inhu) 

Camat dan perwakilan camat sekab Inhu, Kepala BUMN dan BUMD 

22. Kepala Instans Vertikal dan Tamu Undangan lainya.


Rapat Membahas 3 (tiga) Agen, yaitu :


Pertama, Rapat Tentang  Pengantar Nota Keuangan Ranperda APBD Kab Inhu TA 2024.


Rapat dibuka dan dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kab. Inhu Masrullah, SP,

Rapat dibuka dan diterbuka secara Umum.


Penyampaian dan Laporan dari  Bupati Kab. Inhu yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si.

Pada Kesempatan Pertama, Kami Mengucapkan Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya Kepada Pimpinan Dan Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Terutama Badan Anggaran Yang Telah Menyepakati Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2024. Semoga Melalui Agenda Sidang Paripurna Penyampaian Nota Keuangan Dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Apbd Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2024 Hari Ini Dapat Menjadi Momentum Bagi Kita Semua Untuk Memantapkan Langkah Dan Saling Bersinergi Dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pembangunan Daerah Yang Kita Cita-citakan.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Dengan Tetap Berorientasi Pada Anggaran Berbasis Kinerja Atau Prestasi Kerja.


Dalam Menyusun APBD Tahun Anggaran 2024 Ditekankan Pada Penyusunan Anggaran Yang Terpadu  Dimana Dalam Penyusunan Rencana Keuangan Tahunan Daerah Dilakukan Secara Terintegrasi Untuk Seluruh Jenis Belanja Guna Melaksanakan Kegiatan Pemerintah Daerah Yang Didasarkan Pada Prinsip Pencapaian Efisiensi Alokasi Dana.


Berbagai Kondisi Yang Terjadi Akhir-akhir Ini Seperti Ancaman Peningkatan Inflasi Daerah Tentu Perlu Mendapat Perhatian Kita Bersama.


Selanjutnya Uraian Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2024 Dapat Kami Jelaskan Secara Rinci, Yang Terdiri Dari  Pendapatan, Belanja Dan Pembiayaan. Secara Garis Besar Struktur Rapbd Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2024 Dari Sisi Pendapatan Pada Tahun Anggaran 2024 Sebesar Rp. 1.329.431.177.049 (Satu Trilyun Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Milyar Empat Ratus Tiga Puluh Satu Juta Seratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu Empat Puluh Sembilan Rupiah, Mengalami Kenaikan Sebesar Rp. 73.837.121.141 (Tujuh Puluh Tiga Milyar Delapan Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Seratus Dua Puluh Satu Ribu Seratus Empat Puluh Satu Rupiah) Dibanding Apbd Murni Tahun Anggaran 2023 Sebesar Rp. 1.291.604.055.908,- (Satu Trilyun Dua Ratus Sembilan Puluh Satu Milyar Enam Ratus Empat Juta Lima Puluh Lima Ribu Sembilan Ratus Delapan Rupiah).


Kemudian Dalam Hal Rencana Kebijakan Anggaran Belanja Daerah Untuk APBD  Tahun Anggaran 2024 Sebesar Rp. 1.463.818.288.824,- (Satu Trilyun Empat Ratus Enam Puluh Tiga Milyar Delapan Ratus Delapan Belas Juta Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Empat Rupiah) Mengalami Penurunan Sebesar Rp. 86.660.517.274,- (Delapan Puluh Enam Milyar Enam Ratus Enam Puluh Juta Lima Ratus Tujuh Belas Ribu Dua Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah), Dibanding Belanja Daerah Pada Apbd Murni Tahun Anggaran 2023 Sebesar Rp. 1.550.478.806.098,- (Satu Trilyun Lima Ratus Lima Puluh Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Enam Ribu Sembilan Puluh Delapan Rupiah).


Bahwa Dengan Mempertimbangkan Faktor-faktor Tersebut Di Atas, Tentunya Arah Kebijakan Pendapatan Daerah, Belanja Daerah Serta Pembiayaan Daerah Pun Mengalami Perubahan, Dimana Untuk Penerimaan Pembiayaan Yang Berasal Dari Komponen Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Sebelumnya (Silpa) Menjadi Rp. 134.387.111.775,- (Seratus Tiga Puluh Empat Miliar Tiga Ratus Delapan Puluh Tujuh Juta Seratus Sebelas Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah).


Dari Uraian Pendapatan, Belanja Dan Pembiayaan Daerah Tersebut Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Rancangan Apbd Tahun Anggaran 2024 Adalah Sebesar Rp. 1.463.818.288.824,- (Satu Trilyun Empat Ratus Enam Puluh Tiga Milyar Delapan Ratus Delapan Belas Juta Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Empat Rupiah). 


Kemudian Saya Mengucapkan Terima Kasih Dan Penghargaan Yang Setinggi-tingginya Kepada Saudara Pimpinan Dan Segenap Anggota Dewan Yang Terhormat Serta Hadirin Sekalian Yang Terlibat Dalam Proses Pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024.


Kami Harapkan Adanya Komunikasi Yang Baik Antara Eksekutif Maupun Legislatif Serta Masyarakat, Sehingga Proses Perencanaan Ini Dapat Berjalan Lancar Dan Tepat Waktu.


Diakhir Penyampaianya Wakil Bupati Inhu langsung Menyerahkan Nota Keuangan Ranperda APBD Kab Inhu TA 2024 kepada Pimpinan rapat,tepat pukul 12.34 WIB Rapat selesai.


Kedua, Rapat Tentang Pandangan Fraksi DPRD Kab Inhu Tentang Nota Keuangan  Ranperda APBD Kab Inhu TA 2024.


Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Kab Inhu Terhadap Pengantar Ranperda APBD Kab Inhu TA 2024 masih dipimpin dan di buka oleh Wakil Ketua I DPRD Kab Inhu Masrullah. SP yang diikuti 22 dari 40 Anggota DPRD Kab Inhu.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Demokrat Pada prinsipnya Kami sangat mengapresiasi atas Penyampaian Nota Keuangan Ranperda APBD TA 2024 Yang mengalami kenaikan di banding tahun sebelumya. kami juga berharap dalam pelaksanaan pembangunan nantinya harus mengedepankan aspek kualitas. Pelaksanaan dan prosedur pembangunan harus diutamakan jangan sampai pembangunan ini berakhir dengan kualitas buruk yang hanya mengejar Target saja.


Seperti halnya terkait dengan KPU, Tahun 2024 telah menetapkan jadwal pelaksanaan Tahapan Pemilu serentak. Jangan sampai hibah pelaksanaan Pilkada kembali menjadi Perdebatan seperti Pilkada Tahun 2020 lalu, terjadi tarik ulur anggaran Pilkada di Tahun berjalan.


Sebagai masukan bagi Pemkab Inhu :

1. Pemkab Harus menggali Potensi PAD.

2. Pemkab harus mengejar dan meningkatkan Ketahanan Pangan.

3. Membantu dan meningkatkan dibidang Pendidikan, baik Negeri maupun swasta.

4. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan.


Penyampaian Pandangan Umum Praksi Kebangkitan Bangsa

1. Kami tetap mengapresiasi terhadap Pemkab serta mereviu kembali program pembangunan daerah yang belum tercapai.

2. Pemkab harus profesional dalam penggunaan anggaran dan tepat guna serta merata, terutama Insfrastruktur jalan dan sekolah.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Gerindra

1. Kami juga mengapresiasi Pemkab dan berharap dapat melaksanakan kegiatan secara jelas indikatornya serta kinerjanya yang dipresentasikan kedalam tolak ukur kinerja serta target atau sasaran yang akan dicapai.

2. Pemkab harus melakukan pemerataan pembangunan.

3. Wajib menggali potensi PAD.

4. Dan kami siap membantu dan mensukseskan Pemilu Kada serentak dimasa yang akan datang.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi PAN

1. Kami melihat dan berpedoman 

Bahwa Pemkab belum mampu membuat trobosan-trobosan meningkatkan PAD.

2. Pemkab harus memprioritaskan Insfrastruktur jalan yang ada di Kab Inhu.

3. Pemkab harus berani mengambil tindakan terkait pembangunan Insfrastruktur jalan agar agar ada kemajuan.

4. Pemkab harus cepat melaksanakan pembangunan gedung kantor OPD yang kami nilai sudah tidak layak, seperti halnya Gedung DPRD Inhu.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan

1. Kami mengapresiasi dan mendorong Pemkab dalam melaksanakan Pembangunan demi kemajuan Indragiri Hulu.

2. Kami meminta kepada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilukada serentak nanti.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi PK

1. Kami mendukung penuh Kebijakan Pemkab Inhu terutama dibidang Insfrastruktur.

2. Kami akan ikut serta mensukseskan Pemilukada 2024, agar damai aman dan lancar.

3. Kami mengingatkan Pemkab agar memaksimalkan APBD TA 2024 Untuk sebesar- besarnya bermanfaat bagi masyarakat.

4. Mengurangi belanja yang bersifat seremonial.

5. Agar tetap pokus terhadap PAD.


Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Golongan Karya

1. Pemkab diminta melaksanakan perbaikan insfrastruktur jalan Kabupaten maupun jalan kecamatan yang ada di Kab Inhu.

2. Kami berharap Pemkab lebih serius dalam meningkatkan PAD.

3. Dapat meningkatkan pelayanan kesehatan baik dari tenaga medis maupun sarana gedung serta sarana lainya.

4. Meningkatkan sarana pendidikan yang berkualitas.

5. Segera merealisasikan bangunan gedung DPRD Kab Inhu.


Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Kab Inhu Terhadap Pengantar Nota Keuangan Ranperda APBD Kab Inhu TA 2024 selesai tepat pukul 16.51 WIB." (Roli )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top