Meriah Puncak Malam Grand Final Uda dan Uni Duta Wisata Sijunjung 2023

0


Sijunjung, Canangnews.com - Puncak Malam Grand Final Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat 2023 kembali digelar di Gedung Pancasila Muaro, Sabtu malam (23/9/2023).



Kegiatan tersebut berlangsung meriah diiringi musik dari Sanggar Seni Berlian Saiyo Kabupaten Sijunjung. Sebanyak 10 pasang finalis bakal disaring hingga menyisakan 3 pasang yang terpilih oleh juri sebagai pemenangnya.



Untuk Juri Pada Malam Grand Final Pemiliha Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Sijunjung ini antara lain Dr. Haris Satria (Dosen UNP), Raymond Bagindo (Kabid di Dinas Pariwisata Sumbar), Risky Hariyanto (Ketua Ikatan Uda/Uni Sijunjung), serta Juri Kehormatan Ny. Riri Beny Dwifa dan Ny. Donna Iraddatillah.



Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya menyebutkan, pemilihan Duta Wisata Uda dan Uni merupakan ajang strategis dalam upaya menciptakan generasi muda yang berbudaya, religius dan beretika sekaligus berwawasan pariwisata. Melalui duta-duta yang terpilih nantinya akan dapat memberi nilai lebih bagi aktifitas promosi dan pemasaran pariwisatan khususnya Kabupaten Sijunjung.



“Melalui pemilihan Duta Wisata Uda Uni di Ranah Lansek Manih 2023 ini, diharapkan dapat menghasilkan generasi muda berprestasi, inovatif dan kreatif. Tentunya akan mendukung aktivitas promosi dan pemasaran pariwisata,” Lanjut Bupati Benny.



Sektor pariwisata, dikatakan bupati, pada saat sekarang menjadi prioritas pembangunan di Sijunjung. Semua potensi yang ada didorong supaya Sijunjung menjadi destinasi utama Pariwisata di Sumatra Barat, apalagi Kabupaten Sijunjung sudah resmi menyandang status sebagai Geopark Nasional, dan yang terakhir terpilih sebagai juara 1 Perkampungan Adat Nagari Sijunjung pada ADWI 2023.



“Hal itu bukan saja tugas pemerintah, melainkan menjadi tugas bersama untuk pengembangan semua potensi tersebut, sehingga Sijunjung jadi destinasi wisata utama di Sumbar maupun nasional,” tambah Bupati.



"Penggunaan media Sosial  yang saat ini telah merambah berbagai kalangan masyarakat dan telah meniadakan batas ruang dan waktu perlu dimanfaatkan sebagai sarana promosi yang dapat diandalkan", lanjut Bupati Benny.



Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Afrineldi, SH menjelaskan bahwa peserta yang mendaftar sebanyak  78 peserta, yang terdiri dari peserta Uda sebanyak 38 orang dan peserta uni yang mendaftar sebanyak 40 orang yang berasal dari siswa SMK, SMA dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. 



Setelah melalui beberapa tahapan "karantina selama 4 hari yakni dari tanggal 20 sampai 23 September 2023 terpilih sebanyak 10 pasang Grand Finalis", lanjut Kadis Parpora.



“Sebanyak 10 finalis kembali disaring pada malam grand final ini untuk memperebutkan tiga predikat yaitu Juara I, Wakil I dan Wakil II Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Sijunjung,serta 8 jenis kategori lainnya” ujarnya.



“Dengan diadakannya kegiatan pemilihan Uda Uni Duta Wisata Tahun 2023 ini antara lain  untuk meningkatkan pembinaan generasi muda dan melestarikan seni dan Budaya untuk mempromosikan Pariwisata Khususnya Kabupaten Sinjunjung", tambah Afrineldi.



Setelah melalui beberapa tahapan yang sangat ketat, keluar sebagai pemenang juara I Uda Sijunjung jatuh kepada Albara Prihandani (01), Juara I untuk Uni Sijunjung jatuh kepada Nazwah Habibah (18), Untuk Wakil I Uda Sijunjung jatuh kepada Adrian Nabil (03) dan Wakil I Uni Sijunjung jatuh kepada Halimah Tusyadiah (14), kemudian untuk Wakil II Uda Sijunjung jatuh kepada M.Raul Gonzalez () dan Wakil II Uni Sijunjung Jatuh kepada Islamiati Ruswan  (04).



Hadir pada acara Malam Grand Final Pemilihan Uda - Uni Wisata Kabupaten Sijunjung tahun 2023 antara lain, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Ketua DPRD Sijunjung Syofiyan Hendri. S.Pdi.MM, Unsur Forkopimda, Plh. Sekda Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi. S.STP, M.Si, Kepala OPD di Lingkup Kabupaten Sijunjung, Ketua TP-PKK Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Ny. Donna Iraddatillah, Camat se Kabupaten Sijunjung, Kepala Bank Nagari Cabang Sijunjung Yosviandri Asril. (TJP/Ovi)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top