Wawako Bukittinggi Marfendi Sangat Apresiasi Alek Nagari Kurai Khatam Alqur'an

Nasrun
0


Wawako Marfendj hadiri perayaan Khatam Alqur'an beserta Ninik Mamak Kurai Bukittinggi


Bukittinggi, Canangnews- Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi sangat mengapresiasi Acara Alek  Nagari Khatam Alqur'an.yang dalam satu bulan ini sering digelar di Kota Bukittinggi.


H.Marfendi yang hadir dipelepasan 22 peserta di Mushala Nurul Yaqiin Tarok, dan Kubu Tanjung Tigo baleh memaparkan, di Bukittinggi sampai tujuh acara serupa dalam satu hari. Khatam Qur'an itu adalah alek nagari, dimana sebetulnya juga alek Ninik Mamak yang panitia pelaksananya adalah Parik Paga Nagari.


"Khatam Alqur'an ini sudah berlaku di Bukittinggi, bahkan semenjak sebelum Indonesia merdeka. Karena ninik mamak menginginkan Alqur'an didanya," ungkap Marfendi disela acara Minggu ( 6/8/2023).


Disampaikan, bagaimana perhatiannya benar-benar fokus ke Kemenakannya, minimal bisa membaca Alqur'an dan memberikan semangat yang luar biasa. 


"Tapi belakangan acara alek nagari ini, serasa kurang terangkatkan bahwa itu juga acara para ninik mamak.Bahkan tidak lagi terdengar mamak-mamak  Bapak -bapak  pagi sebelum acara makan bersama dirumah," ulasnya.


Kemudian andil Bako (saudara dari ayah) juga ditonjolkan diacara alek nagari ini, bukan sekedar alek dikampung saja. Ninik mamak di Kurai (warga asli Bukittingggi- red) ini, menginginkan anak kemenakannya memiliki alqur'an sebab, masa kedepannya untuk keselamatan dunia akhirat.


"Allah katakan, Alqur'an itu Hudallinnas atau petunjuk bagi manusia. Hudallil Muttaqiin, petunjuk bagi orang bertaqwa," paparnya.


Ia berharap, selaku pemerintah kota, bagaimana kedepannya alek Khatam ini terasa Ninik mamaknya. Dampak baiknya, kedepan anak-anak ini  bisa menjadi orang-orang yang siap dalam memimpin negeri ini.


( KH )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top