SD Fransiskus Sikabaluan Miliki Keunikan Tersendiri Tanamkan Budaya Cinta Pangan Lokal

Sikabaluna
0

Siswa SD Fransiskus Sikabaluan Memasak Sagu Makanan Khas Mentawai 

Sikabaluan Canangnews,Sekolah Dasar Fransiskus memiliki kelebihan tersendiri dimana setiap siswa di bekali dengan jiwa cinta budaya.

Salah satu bentuk ilmu yang ditanamkan kepala sekolah dan guru-guru Sekolah Dasar Fransiskus ialah mengenal makanan pokok warga Mentawai serta memanfaatkan bahan lokal tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kita melatih siswa-siswi secara khusus untuk dapat mencintai pangan lokal serta dapat melestarikannya secara turun-temurun"ungkap kepala Sekolah Dasar Fransiskus Dominikus,Kepada Canangnews saat dimintai keterangan diruang kerjanya,Sabtu 26/08/23.

Dilanjutkan dia,mulai dari bahan alami seperti sagu,keladi,pisang akan diolah dengan bahan sederhana khas Mentawai serta melatih untuk memasaknya secara langsung.

Ditempat lain,siswa kelas tiga Sekolah Dasar Fransiskus tengah mempersiapkan bahan seperti keladi dan pisang sebagai bahan utama untuk dimasak oleh kelompok tersebut.

Alito Asak Sikaraja,Salah satu siswa Sekolah Dasar mengatakan,dirinya senang mengikuti kegiatan memasak disekolah disamping menyenangkan juga mengenyangkan,tuturnya.

Sementara Ima Kulata Moi,Salah seorang guru disekolah tersebut menjelaskan bahwa makanan khas Mentawai yang akan dimasak pada saat ini juga akan memberikan pelajaran penting bagi siswa serta melatih anak untuk mandiri.

"Setiap siswa dilatih mandiri sehingga dapat memanfaatkan bahan lokal sebagai salah satu sumber kehidupan disaat dewasa nanti"terangnya.

Dirinya juga menambahkan Seni musik dan tari juga ikut ditanamkan terhadap siswa siswi sekolah untuk dapat dipergunakan dikemudian hari serta mampu berkompetisi diajang bakat tingkat kabupaten,Pungkasnya.(JS)

  


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top