Jelang Pilwako Serentak , KPU PariamanTelah Mulai Sosialisasi

0

Pariwara KPU Kota Pariaman -----Menjelang pemilihan walikota dan wakil walikota Pariaman yang di helat bulan Juni 2018 mendatang,Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Pariaman telah melakukan sosialisasi hampir ke semua element masyarakat yang ada di kota Tabuik ini


Ketua KPU kota Pariaman Boedi Satria mengatakan, sosialisasi dilakukan oleh KPU  disesuaikan dengan materi dan konten kearifan lokal  yang ada di kota Pariaman Dengan catatan, kegiatan tersebut disesuaikan dengan anggaran yang tersedia melalui dana hibah untuk Pilwako kota Pariaman.


"Sosialisasi banyak caranya yang  telah  kami lakukan proses sosialisasi ini KPU juga bekerjasama  mulai dari lembaga kemasyarakatan baik Ormas,orsos,organisasi kepemudaan ,Osis di tingkat SLTA,Pemangku adat,para Guru serta partai politik dan tentu setelah penetapkan  pasangan calon nantinya kami juga melakukan sosialisasi melalui kerjasama dengan Kemenag kota Pariaman dengan melibatkan Ulama,Tk,atau Dai kata ketua KPU kota Pariaman Boedi Satria kepada Wartawan canang di ruang kerja belum lama ini.

Menurut Boedi, ada tiga strategi yang dilakukan KPU dalam proses sosialisasi. Pertama, KPU menggunakan strategi tatap muka dan komunikasi massa. Biasanya metode yang digunakan ialah diskusi.
"Jadi bagaimana teman-teman di KPU kota serta PPK dan PPS langsung bertemu dengan pemilih menginformasikan tentang aktivitas pemilih," ujar dia.

Kedua, lanjut dia, sosialisasi dilakukan oleh metode media, seperti baliho, poster, televisi, dan elektronik.
"Biasanya sosialisasi untuk media elektronik dilakukan oleh pusat. Sedangkan daerah lebih banyak melakukan sosialisasi tatap muka," kata Boedi

Ketiga, kata Boedi KPU juga membentuk relawan demokrasi yang melibatkan pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok marjinal dan penyandang disabilitas serta tokoh masyarakat dan agama.

"Kami melihat pengalaman di pemilihan  yang lalu legislatif dan presiden. Jadi dari berbagai sekmen kami minta bantuanya untuk aktivitas sosialisasi,"

Lebih jauh Boedi Satria merinci terhadap kegiatan sosialisasi yang di mulai dari Louncing Pilkada dan di lanjutkan dengan Gebyar musik Pilkada kota pariaman yang mana acara tersebut juga di hibur oleh artis papan  atas .
Kemudian kami melangkah sosialisasi tatacara pencalonan baik calon melalui jalur perseorangan maupun jalur parpol,Agr gelegar dari pilkada kota Pariaman bisa di cerna oleh warga kota,KPU juga membuat spanduk  yang telah kami pasang di semua kantor desa dan kelurahan dalam  wilayah kota Pariaman .Pemasangan Balio di jalan utama  kemudian melalui media cetak,portal Tabloid dan mingguan.

Dan semuanya itu telah kami lakukan dan untuk sosialisasi tatap muka kami juga telah melaksanakan melalui sekolah ,Guru PPKN.Perguruan Tinggi.organisasi kepemudaan KNPI,Karang taruna serta komunitas prempuan.serta wartawan yang meliput di wilayah kota 


Tentu kita berharap jelang pendaftaran pencalonan di harapkan juga para masing masing calon juga mengajak warga kota yang telah puny hak pilih untuk dapat ikut memberikan hak nya dalam pemilihan walikota dan wakil walikota masa lima tahun kedepan(Alwi Darwis)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top